Softskill

Tugas 4 Pengantar Web Science - Rangkuman


Pada Post kali ini saya akan merangkum keseluruhan Tugas Matakuliah Pengantar Web Science dari Tugas 1 sampai dengan Tugas 3 yang diberikan oleh Bpk. Donnie Margavianto Nurrokhman.

Adapun yang tugas yang di berikan sebagai berikut :
  • Sejarah,Definisi dan Metodologi & Pemanfaatan Web Science 
  • Arsitektur dan Security Web Science
  • Contoh Web yang berbasis Science ,Kelebihan dan Kekurangannya
  • Etika,Konten dan Meta Data Web Science
  • Aplikasi PC dan Mobile berbasis WEB
  • Komunikasi pembelajaran berbasis komunitas di web
  • Pembelajaran Forum di V-Class Gunadarma
Pertama apa itu Web Science? Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.

Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

Sejarah WEB
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.


Metodologi dan Pemanfaatan Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.

Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

Manfaat Web Science Bagi Dunia Pendidikan
  1. Siswa dapat belajar tanpa menggunakan buku Dengan internet, semua bisa didapatkan termasuk bahan pelajaran. Bagi siswa yang kurang mampu, dapat menggunakan internet sebagai media belajar.
  2. Siswa jadi lebih paham akan teknologiDengan menggunakan internet, siswa akan belajar lebih tentang apa yang ada diinternet. Siswa juga dapat lebih mengerti menggunakan alat teknologi seperti computer.
  3. Tenaga pengajar atau guru lebih praktis Dengan internet, guru dapat mengirim tugas melalui email tanpa harus bertatap muka dengan siswanya sendiri.
Arsitektur Web Science 
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

Security pada Web Science
Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.

Contoh Web yang berbasis Science dan Kelebihan & Kekurangannya
Disini saya mengambil contoh WEB Science yaitu Wikipedia.org
Adapun beberapa keistimewaan dari Wikipedia tersebut diantaranya : 
  1. Mudah diakses
  2. Informasi yang disajikan di dalamnya lebih terperinci serta dilengkapi gambar pelengkap
  3. Menyajikan informasi dengan tampilan yang simple
  4. Informasi mencangkup keseluruhan
  5. Menghubungkan ke banyak link yang langsung menuju kata kunci yang diinput
Selain memiliki keistimewaan. Ada pula kelamahan dari Wikipedia, Sebagai ensiklopedia publik, siapa saja bisa mengedit, menambahkan atau mengurangi data-data yang ada di wikipedia. Bila data-data itu tidak diubah-ubah lagi, berarti pengguna wikipedia telah sepakat akan kebenarannya. Besar sekali kemungkinannya ada suatu informasi yang direkayasa untuk kepentingan orang-orang tertentu, untuk kepentingan politik atau bisnis. Hal ini juga dapat menimbulkan propaganda yang membawa kita pada hal – hal yang bersifat negatif. 

Etika dalam pembuatan Web Science
  1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
  2. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
  3. Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
  4. DLL.
Konten dalam Web Science
  1. Menulis Untuk Pembaca dan Optimasi Untuk Robot Search Engine
  2. Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)
  3. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya
  4. Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam
  5. Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul Konten
  6. Respon Audiens Anda Dengan Baik
  7. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda
  8. Gunakan Google+
  9. Gunakan Judul dan Deskripsi
Metadata dalam Web Science
Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. 
Metadata terdiri dari kata Meta dan Data.Meta itu sendiri yaitu elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords dan description

Aplikasi Web Berbasis Mobile dan PC
Disini saya mengambil Aplikasi Facebook,Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Perbedaan Aplikasi Mobile dengan Web/PC
  1. Fitur Aplikasi Mobile dan Aplikasi Web Desktop
  2. Interaksi User
  3. Location Awareness
  4. Push Notification
Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas di Web
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.
interaksi edukatif adalah interaksi yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan untuk mendidik. Pembelajaran merupakan proses yang berfungsi membimbing para peserta didik di dalam kehidupannya, yakni membimbing mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangan yang harus dijalani.
dapat disimpulkan bahwa komunikasi pembelajaran adalah proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain supaya mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien.
Contoh WEB Komunikasi Pembelajaran Komunitas adalah :
  1. CodePolitan.com
  2. Facebook.com
  3. Kaskus.co.id
  4. DLL
Pembelajaran Forum di V-class Gunadarma
Virtual Class merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.

Virtual Class dilaksanakan sebanyak 3x pertemuan dalam satu semester dan memiliki bobot yang sama dengan tatap muka kelas. Pertemuan tersebut merupakan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Penilaian kegiatan pembelajaran ini merupakan bagian dari keseluruhan Nilai Akhir mahasiswa. 

Virtual Class dapat diakses dengan menggunakan akun staffsite untuk dosen dan akun studentsite untuk mahasiswa. Bagi pengguna tamu dapat mengakses beberapa materi hasil hibah pengajaran.

Kelebihan V-CLASS
Dengan membuka link v-class mahasiswa/i sudah bisa langsung mendownload materi dan mengerjakan quiz yang diberikan dosennya dan juga bisa langsung mengetahui nilai dari quiz tersebut.
Bila quiz yang pertama nilai mahasiswa kurang memuaskan mahasiswa bisa mengulang quiz dengan materi yang sama sebanyak 3 kali, sehingga dapat membantu nilai quiz yang sebelumnya kurang memuaskan. 
Dalam v-class juga disediakan forum untuk mahasiswa menyampaikan pemikirannya atau komentarnya tentang materi yang diberikan. Dalam forum itu mahasiswa juga bisa bertukar pikiran tentang materi yang diberikan dengan sesama teman sekelasnya atau bahkan dengan dosen yang bersangkutan secara online.

Kekurangan V-CLASS
Mahasiswa/i yang ingin mengikuti v-class harus terlebih dahulu login untuk bisa mengakses materi dan quiz yang disediakan oleh dosen. Ketika login mahasiswa/i harus memasukkan username dan password yang merupakan npm dan password studentsite yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa/i Gunadarma. Namun, tidak sedikit ketika mahasiswa/i login kita tidak bisa masuk atau login karna kesalahan teknis yang tentu saja merugikan mkita, sebab dengan tidak bisanya kita login kita tidak dapat mengakses materi yang di berikan dosen dan mengikuti quiz yang diadakan dan tidak dapat menikmati kelebihan-kelebihan lainnya dari v-class.
Tag : Home
0 Komentar untuk "Tugas 4 Pengantar Web Science - Rangkuman"

Back To Top