Softskill

Tugas3.2 Pengantar Web Science - Komunikasi pembelajaran berbasis komunitas di web

PENGERTIAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.
interaksi edukatif adalah interaksi yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan untuk mendidik. Pembelajaran merupakan proses yang berfungsi membimbing para peserta didik di dalam kehidupannya, yakni membimbing mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangan yang harus dijalani.
dapat disimpulkan bahwa komunikasi pembelajaran adalah proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain supaya mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien.

FUNGSI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN
Sesuai dengan tujuan dari komunikasi, maka dalam suatu organisasi komunikasi mempunyai beberapa fungsi,yaitu sebagai berikut:
1. Fungsi Komunikasi Sosial
  • Untuk membangun konsep diri
  • Untuk Eksistensi dan Aktualisasi diri
  • Untuk kelangsungan hidup,memupuk hubungan yang akan mencapai kebahagiaan
2. Fungsi Komunikasi Ekspresif
Komunikasi Ekspresif tidak serta merta mempengaruhi orang lain,namun dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kita.Seperti seorang Ibu yang memeluk dan mencium anaknya.

3. Fungsi Komunikasi Ritual
Komunikasi Ritual dilakukan dalam acara keagamaan.Disamping mengamalkan ajaran,ia merupakan penegasan kembali komitmen mereka terhadap tradisi keluarga,suku,bangsa,Negara,ideologi atau komitmen mereka terhadap agama.

4. Fungsi Komunikasi Instrumen

  • Menginformasikan
  • Mengajak
  • Mendorong 
  • Mengubah sikap,keyakinan dan prilaku
  • Menggerakan tindakan
  • Menghibur
  • Pembawa kabar gembira dan pembawa ancaman
JENIS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN
1. Secara Langsung
Pengajar memberikan pelajaran secara langsung dengan bertatap muka dengan para siswa dalam suatu ruangan ataupun di luar ruangan dalam konteks pembelajaran. Seperti yang terjadi di sekitar kita mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
2. Secara Tidak Langsung
Pengajar dapat memberikan suatu pembelajaran melalui suatu media tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan siswa. Dan siswa pun dapat memperoleh informasi secara luas melalui media tersebut. Seperti model sekolah jarak jauh yaitu memanfaatkan media internet sebagai alat untuk pembelajaran.

KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNITAS PADA WEB


CodePolitan adalah media online yang ditujukan untuk programmer Indonesia sebagai tempat bacaan dan sumber informasi dunia pemrograman dan teknologi. Sebagai sebuah website media, CodePolitan mencoba menghadirkan berbagai konten yang berkualitas yang bisa menginspirasi dan menambah wawasan seputar dunia pemrograman.

Konten-konten yang ada di CodePolitan antara lain berisi berita, review komunitas, review & wawancara tokoh, review tools, review event, catatan rilis framework, tips & trik, serta komik dan meme seputar pemrograman.

CodePolitan juga memiliki sebuah produk turunan, yaitu KaryaLokal. Karyalokal CodePolitan adalah website direktori yang berisi karya-karya atau produk-produk yang dihasilkan oleh developer lokal. KaryaLokal CodePolitan dibangun untuk mewadahi para developer lokal yang memiliki karya untuk mempublikasikan karyanya kepada publik. Tujuan KaryaLokal dibuat adalah adalah untuk menghimpun dalam satu tempat daftar karya-karya developer lokal.
Tag : Home
0 Komentar untuk "Tugas3.2 Pengantar Web Science - Komunikasi pembelajaran berbasis komunitas di web"

Back To Top