Softskill

Tugas2.2 Pengantar Web Science - Etika,Konten, dan Meta data Web Science

Etika dalam Pembuatan Web Science:
  1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
  2. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
  3. Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
  4. Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
  5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
  6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
  7. Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
  8. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
  9. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
  10. Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendri.
Konten Yang harus di utamakan dalam Web Science
  1. Menulis Untuk Pembaca dan Optimasi Untuk Robot Search Engine
  2. Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)
  3. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya
  4. Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam
  5. Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul Konten
  6. Respon Audiens Anda Dengan Baik
  7. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda
  8. Gunakan Google+
  9. Gunakan Judul dan Deskripsi
Metadata dalam Web Science
Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. 
Metadata terdiri dari kata Meta dan Data.Meta itu sendiri yaitu  elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords dan description

Jenis-jenis elemen Meta:
  • Keywords
keywords (bahasa Indonesia : kata kunci) adalah salah satu jenis meta yang memiliki fungsi menjelaskan isi dari halaman web melalui beberapa kata atau frasa. Seiring perkembangan zaman, jumlah penggunaan keywords telah dibatasi. Seperti Google yang menganggap "spam" penggunaan keywords dengan jumlah di atas 7 kata.Sebagai contoh yang sederhana, di bawah ini ditampilkan perintah meta:
<meta name="keywords" content="wikipedia,encyclopedia">

untuk menjelaskan bahwa halaman yang bersangkutan berkaitan dengan kata kunci “wikipedia” dan “encyclopedia".
  • Description
description dalam (bahasa Indonesia: penjelasan/deskripsi) adalah salah satu jenis meta yang memiliki fungsi memberikan garis besar isi halaman web. Cara menggunakan ini berbeda dengan keywords yaitu menggunakan kalimat bukan kata.
Contoh penulisan meta tag description :
<meta name="description"
 content="Halaman web ini menjelaskan meta tag serta fungsi dan penggunaannya">
Contoh tersebut untuk menjelaskan garis besar konten yang ada dalam suatu halaman HTML.

Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
  • membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan;
  • mengidentifikasi sumberdaya
  • mengelompokkan sumberdaya yang serupa
  • membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
  • memberikan informasi lokasi
Terdapat tiga jenis utama metadata:
  • Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
  • Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan objek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab.
  • Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.

Sumber:
  • https://www.maxmanroe.com/9-langkah-untuk-membuat-konten-anda-disukai-pembaca-dan-google.html
  • http://ekskulsmp3.blogspot.co.id/p/etika-dalam-menggunakan-internet.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Metadata
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Meta
Tag : Home
0 Komentar untuk "Tugas2.2 Pengantar Web Science - Etika,Konten, dan Meta data Web Science"

Back To Top