Softskill

Tugas2.1 Pengantar Web Science - Web Science(Wikipedia) Kelebihan dan Kekurangannya


1. DEFINISI
Apa itu Wikipedia? Wikipedia berasal dari dua kata, yaitu kata wiki dan encyclopedia. Kata wiki sendiri memiliki makna suatu situs web yang memperbolehkan pengguna dan pengunjungnya menyunting situs tersebut, dan kata encyclopedia memiliki makna buku atau serangkaian buku yang menghimpun keterangan atau uraian mengenai berbagai hal. Dari dua kata diatas, bisa disimpulkan bahwa Wikipedia adalah suatu situs web yang menghimpun berbagai keterangan atau uraian yang memperbolehkan pengguna dan pengunjungnya untuk menyunting situs tersebut. Wikipedia bisa digolongkan sebagai salah satu ensiklopedia online yang dapat diakses oleh kalangan mana pun. Wikipedia juga bisa digolongkan sebagai salah satu mesin pencari atau search engine terbatas yang hanya menampilkan teks dan gambar saja. Wikipedia merupakan salah satu proyek bersama atau kolaborasi dari berbagai pihak dalam menciptakan suatu ensiklopedia terlengkap di dunia. Karena sifatnya proyek bersama, maka setiap orang dapat membuat suatu artikel dan memasukkannya ke Wikipedia. Wikipedia sendiri dijalankan oleh Wikimedia Foundation, dan kini telah menjadi karya referensi terbesar. Dan Wikipedia dimiliki oleh sebuah organisasi di nirlaba yang bernama Yayasan Wikimedia. Yayasan Wikimedia sendiri menjalani dan mengatur jalannya proyek dari Wikimedia lainnya. Seperti Wikitionary (gabungan untuk Wikidan Dictionary), Wikibooks, Wikiquote, Wikisource, dll.
 2.SEJARAH
Sebelum Wikipedia diciptakan, para penciptanya yaitu Jimmy Wales dan Larry Sanger sudah menciptakan ensiklopedia online yang diberi nama Nupedia pada tahun 2000. Ensiklopedia tersebut isinya ditulis oleh orangorang ahli yang di cek kembali oleh orang-orang ahli tersebut. Tetapi ada masalah terkait hal itu, yaitu lambatnya produksi. Tidak lama setelah Nupedia didirikan, Jimmy Wales dan Larry Sanger memiliki ide untuk menggunakan teknologi wiki yang memperbolehkan orang untuk membuat dan memperbarui sebuah informasi, mereka menamakan proyek itu Wikipedia. Hanya dalam waktu tiga tahun, Wikipedia telah menghasilkan 20.000 informasi sedangkan Nupedia hanya menghasilkan 24 informasi atau artikel. Hal ini membuat Jimmy Wales terkejut dan merasa Wikipedia jauh lebih baik dibandingkan Nupedia, oleh karena itu ia mulai fokus untuk mengembangkan Wikipedia dan meninggalkan proyek Nupedia yang dia buat sebelumnya. Larry Sanger yang melihat hal ini, juga mendukung pengembangan Wikipedia ini. Sejak April 2013, Wikipedia telah memiliki sekitar 26 juta artikel dalam 285 bahasa yang ditulis oleh 39 juta user yang terdaftar dan berbagai orang anonimus yang tidak dikenal dari belahan dunia. Berdasarkan peringkat Web Alexa, Wikipedia adalah website terpopular nomor 6 yang telah dikunjungi oleh 12% dari seluruh pengguna Internet dengan 80 juta pengunjung setiap bulannya dan itu hanya dari perhitungan Amerika. Berdasarkan statistik dan perkembangan Wikipedia sekarang ini, Wikipedia akan terus dapat berkembang dengan baik. Hal ini juga tidak lepas dari donasi yang telah dikeluarkan orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk mendukung ensiklopedia online raksasa ini agar tetap gratis dan bebas dari iklan. Laporan juga membuktikan bahwa donasi tersebut terus berkembang sampai sekarang. 
3.TUJUAN DAN MANFAAT
Wikipedia bermanfaat bagi pengguna atau penggunjung yang mencari informasi di dalam sebuah ensiklopedia, yang memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah dan juga topik-topik yang sedang di bicarakan. Wikipedia sangat memudahkan kita sebagai pengguna maupun pengunjung melakukan pencarian, karena hasil yang disajikan lebih terpapar secara terperinci dan terkadang dilengkapi dengan gambar yang disertai keterangan ataupun animasi dibandingkan ensiklopedia itu sendiri. Jadi, anda tidak perlu memakai mesin pencari lain untuk menemukan kosa kata yang sulit dimengerti dalam Wikipedia, karna terdapat link-link yang langsung mengantar kita pada istilah-istilah tersebut.

Wikipedia memiliki tujuan untuk menciptakan ensiklopedia bebas untuk semua pengguna dan penggunjung secara terperinci. Dan juga bertujuan untuk menjadi ensiklopedia yang terbesar dan terlengkap. Tujuan ini tidak mudah untuk dicapai dan mungkin akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dikarenakan kekurang-kekurangan Wikipedia yang masih harus diperbaiki lagi, selain mempermudah dalam melakukan pencarian informasi serta menyediakan sarana bagi pengunjungnya yang ingin membagi informasi yang sudah akurat.
4.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 
Adapun beberapa keistimewaan dari Wikipedia tersebut diantaranya :
  1. Mudah diakses
  2. Informasi yang disajikan di dalamnya lebih terperinci serta dilengkapi gambar pelengkap
  3. Menyajikan informasi dengan tampilan yang simple
  4. Informasi mencangkup keseluruhan
  5. Menghubungkan ke banyak link yang langsung menuju kata kunci yang diinput
Selain memiliki keistimewaan. Ada pula kelamahan dari Wikipedia, Sebagai ensiklopedia publik, siapa saja bisa mengedit, menambahkan atau mengurangi data-data yang ada di wikipedia. Bila data-data itu tidak diubah-ubah lagi, berarti pengguna wikipedia telah sepakat akan kebenarannya. Besar sekali kemungkinannya ada suatu informasi yang direkayasa untuk kepentingan orang-orang tertentu, untuk kepentingan politik atau bisnis. Hal ini juga dapat menimbulkan propaganda yang membawa kita pada hal – hal yang bersifat negatif.


5.KESIMPULAN
Wikipedia menggunakan suatu system dalam melakukan penambahan-penambahan informasi yang ia miliki. Ketika seseorang membuat suatu artikel yang belum tuntas, maka ia dapat menandai artikel tersebut sebagai stub. Stub bermakna bahwa artikel yang ditandai tersebut masih belum selesai atau belum lengkap. Maka setiap orang dapat melakukan pengeditan dan penambahan informasi terhadap artikel ini. Ketika suatu artikel telah diberikan informasi tambahan, maka akan memicu penambahan template stub yang berakibat penambahan artikel tersebut kedalam sebuah kategori khusus stub. Pengguna lain dapat melihat daftar-daftar artikel yang berstatus stub lalu dapat mengembangkan artikel tersebut sesuai wawasan yang ia miliki. Namun ternyata hal ini tidak berjalan efektif. Banyak artikel yang akhirnya masih berstatus sebagai stub selama bertahun-tahun tanpa ada proses pengembangan di dalamnya. Maka Wikipedia pun menciptakan suatua kronim baru yaitu Sofixit. Dengan ini, maka artikel dapat diedit tanpa harus mendaftar. Benar-benar terbuka bagi umum untuk melakukan pengembangan terhadap artikel tersebut. Begitulah cara kerja Wikipedia dalam mengembangkan informasi.

Contoh dari implementasi Wikipedia
1. Implementasi dari “sunting”. Pada saat mencari informasi pada Wikipedia, dan ternayata informasi yang di dapat itu sedikit ada kekurangan, seperti kurang lengkapnya informasi yang terdapat di Wikipedia tersebut, atau kurang nya informasi terbaru yang ada di situs tersebut. Maka dari itu fungsi sunting itu berguna untuk mengedit artikel untuk diperbaruhi. Anda dapat menyunting informasi itu dan menambahkan maupun memperbaiki bagian-bagian yang anda kira perlu ditambahkan maupun diperbaiki.
2. Implementasi dari unggah file. Saat anda menggunggah file itu, anda bisa menggunggah file berdasarkan kategori wikipedianya. Jika anda ingin menggunggah file tentang ilmu pendidikan maka file tersebut akan masuk ke dalam kategori wikibooks. Jika ingin menggunggah file isinya berupa quote maka masuk kedalam kategori wikiquote. selain itu juga terdapat wikimedia, dimana kita bisa berbagi foto dengan keterangan. Lalu juga terdapat wikitionary, fungsi dari wikitionary ini hampir sama dengan google translate, yaitu menerjemahkan bahasa. 

Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Wikipedia
0 Komentar untuk "Tugas2.1 Pengantar Web Science - Web Science(Wikipedia) Kelebihan dan Kekurangannya"

Back To Top